Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Selamat datang Di WEB SMK TARUNA KARYA Kabupaten Tangerang

APLIKASI KARTU SOAL PENILAIAN SEKOLAH


Membuat Kisi-Kisi Soal yang Baik dan Benar

Kurikulum 2013 Rev.2018

 Kisi-kisi soal adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang hendak disusun. Format ini juga bisa diartikan sebagai test blue-print atau table of specification yang memuat deskripsi kompetensi dan materi untuk diujikan.

Biasanya, kisi-kisi berbentuk sebuah tabel yang memuat tentang perincian indikator yang dikehendaki oleh penilai. Nantinya, tiap kotak akan diisi dengan bilangan yang menunjukkan jumlah soal.
Adapun tujuan pembuatan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan petunjuk dalam menulis soal. Kisi-kisi tersebut biasanya terdiri dari 2 aspek, yakni aspek isi pengetahuan dan aspek tujuan yang dirumuskan dalam tujuan pembelajaran khusus (TPK). Sementara pada matriks spesifikasi, penilai setidaknya memasukkan informasi tentang kompetensi inti dan dasar (KD/KI), materi, kelas dan semester, bentuk soal, dan nomor soal.
berikut syarat pembuatan kisi-kisi yang harus dipenuhi:
  • Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan secara tepat dan proporsional.
  • Komponen-komponennya dibuat dengan jelas dan mudah dipahami.
  • Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.
Cara Membuat Kisi-Kisi Soal
Berikut cara membuat kisi-kisi soal yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya:
1. Menentukan KD yang akan diukur
Tentukan Kompetensi Dasar (KD) yang akan diukur sebagai bahan penilaian. KD ini mengacu pada kemampuan minimal yang harus dikuasai peserta didik setelah mempelajari materi tertentu. Anda bisa menyesuaikannya dengan kurikulum yang berlaku.
2. Memilih materi yang esensial
Pilih materi yang esensial sesuai dengan proses pembelajaran di kelas. Hendaknya penentuan materi ini disesuaikan dengan indikator kisi-kisi.
3. Merumuskan Indikator
Indikator memuat ciri-ciri perilaku yang bisa diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal. Biasanya, perumusan indikator dilakukan dengan memerhatikan level kognitif para siswa. Materi harus sudah dipelajari sebelumnya, berkesinambungan dengan semua jenjang kelas, dan memiliki nilai terapan yang tinggi.

Fungsi kisi-kisi soal
selain dapat mempermudah dalam penyusunan soal kisi-kisi soal pun berfungsi untuk membedakan soal berdasarkan level kognitifnya.
Komponen Kisi-kisi soal
pada umumnya yang harus dimasukan pada pembuatan frotamt kisi-kisi soal diantaranya yaitu:
  1. Dara Identitas (Judul kop, Jenjang pendidikan, Mata pelajaran, Kurikulum, Kelas, Jumlah dan Bentuk soal)
  2. Data Tabel (Nomor, Kompetensi dasar, kelas materi indikator soal, level kognitif, nomor dan bentuk soal)
Menyinggung adanya level kognitif maka kita perjelas. intinya level kognitif itu merupakan tingkatan kecakapan atau kemampuan kognitif peserta didik.

Terdapat 3 level Kognitif, yaitu :
  • Level 1 dibedakan menjadi C1 (mengingat) dan C2 (memahami)
  • Level 2 sama dengan C3 (mengaplikasikan)
  • Level 3 dibedakan menjadi C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta)
Demikian Info terkait Kartu soal | pembuatan Kisi-kisi soal Kurikulum 2013 (K-13) dengan soal Uraian kisi kartu dan soal pilihan ganda.

Klik link di APLIKASI SOAL dibawah ini *penting DILARANG MENYEBARLUASKAN ATAU MEMPERJUAL BELIKAN FORMAT ATAU APLIKASI INI, TANPA IZIN DARI ADMIN SEKOLAH SMK TARUNA KARYA berdasarkan Undang-undang hak Cipta NO. 28 Tahun 2014 dan Undang-undang ITE No. 19 Tahun 2016 APLIKASI PEMBUATAN SOAL PENILAIAN SEKOLAH


sumber :
  1. Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat (PAUD Dikdasmen) dinyatakan bahwa yang dimaksud Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik
  2. https://kumparan.com
  3. https://katulis.com
  4. https://web.kominfo.go.id
  5. https://peraturan.bpk.go.id

Posting Komentar untuk "APLIKASI KARTU SOAL PENILAIAN SEKOLAH"